Kamis, 19 Mei 2011

Mengintip Kalkulasi Tenaga CBR 250 Dibanding Ninja 250

Menimbang ramainya perbincangan tentang komparasi N 250 dan CBR 250 banyak spekulasi yang berkembang hingga saat ini. Isu yang paling santer adalah gedean mana power kedua motor tersebut? CBR 250 walau satu silinder tapi diklaim sejak dari sononya menganut model balap dan diidentikkan power lebih besar ketimbang N 250. Sementara N 250 walau 2 silinder dari sononya memang disetting untuk harian makanya diidentikkan dengan power kecil. Data fakta sendiri mengatakan seperti berikut:
CBR 250
Model Type : MC41
Pxlxt : 2.035 x 0.720 x 1.125 m
Sumbu roda : 1.370 mm
Jarak terendah dengan tanah : 0.145 mm
Tinggi Jok : 0.780 m
Berat : 161 kg (standar), 165 kg (ABS)
Radius putar : 2.5 m
Tipe mesin : CS250RE, Single silinder 4 stroke, DOHC
Kapasitas ruang bakar : 249 cc
Bore x stroke : 76 x 55 mm
Rasio Kompresi : 1:10,7
Pengkabutan bahan bakar : Injeksi PGMFi
Kapasitas tanki bahan bakar : 13 liter
Jenis kopling : Basah dengan coil springs
Jumlah gigi transmisi : 6 percepatan
1 : 3.333
2 : 2.118
3 : 1.571
4 : 1.301
5 : 1.115
6 : 0.963
Ukuran Ban Depan : 110/70-17M/C
Ukuran Ban Depan : 140/70-17M/C
Sistem pengereman : Cakram hidrolis
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swing arm (pro link)
Ninja 250 
Type 4-tak, DOHC Diameter x Langkah 62 x 41.2mm Jumlah & Isi Silinder 2 buah sejajar & 124,5cc Perbandingan Kompresi 11.6:1 Daya Maksimum 23.4Kw (31.4PS)/11000rpm Torsi Maksimum 20Nm/9500rpm Karburator Keihin CVR30 X 2bh Sistem Starter Elektrik Starter Jumlah Transmisi 6 speed, return shift Rasio Gigi Gigi 1 2.600 ( 39/15 )
Gigi 2 1.789 ( 34/19 )
Gigi 3 1.409 ( 31/22 )
Gigi 4 1.160 ( 29/25 )
Gigi 5 1.000 ( 27/27 )
Gigi 6 0.893 ( 25/28 ) Tipe sistem final drive Chain Drive / Rantai Rasio Reduksi 3.214 ( 45/14 ) Drive Rasio Keseluruhan 8.859@TopGear Tipe Rangka Full Frame Panjang x Lebar x Tinggi 2080 x 715 x 1115mm Jarak Poros Roda 1390mm Jarak Ke Tanah 140mm Berat Maksimum 169kg Suspensi Depan Telescopic Fork Suspension Suspensi Belakang Telescopic Fork Suspension Rem Depan Rem Cakram Twin Pot Rem Belakang Rem Cakram Twin Pot

Bagi Bonsai Biker perbandingan keduanya harusah fair dan menilik baik factor teknis maupun nonteknis. Yang paling mengganjal di benak Bonsai Biker adalah :
  1. Tipe motor ini dari segi silinder, biasanya 1 silinder RPM nya lebih tinggi karena mesin bekerja sendirian rendah, beda dengan 2 silinder RPM dikitaran rendah tinggi karena bekerja berdua. Dan Anehnya CBR ini RPM nya mentok di angka 12, sedangkan Ninja mentok di angka 16, lah kok tinggian ninja?
  2. Kompressi Ninja 250: 11.6:1, sedangkan CBR 250 : : 1:10,7, lha kok tinggian Ninja?
  3. Daro dua hal di atas maka dari mana asal power CBR ini kok katanya lebih besar dari Ninja, padahal Bobot selisihnya tak lebih dari 10 kg?
Sementara rumor yang berkembang power CBR ini 26 hp.
Bagi brader yang ahli mesin monggo ditunggu petuahnya, adapun yang tidak ahli monggo juga beri saran atau masukan mungkin punya data yang bisa membantu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar